Beranda > Handphone > Ponsel Cina Tenaga Surya

Ponsel Cina Tenaga Surya

s116

Sebuah perusahaan ponsel di Cina, Hi-Tech Wealth (HTW), untuk pertama kalinya meluncurkan ponsel dengan tenaga surya yang merupakan pertama kalinya pula di dunia. Ponsel seharga US$510 (sekitar Rp. 4,6 juta) yang sempat dipamerkan dalam ajang CeBIT 2007 di Hannover-Jerman bulan Maret lalu ini dapat mengisi ulang baterainya untuk berbicara selama 40 menit jika dijemur dibawah sinar matahari langsung. Anda benar-benar tidak memerlukan listrik lagi untuk men-charge handset berukuran 110 x 52 x 18.5mm tersebut.

Sedangkan untuk mengisi ulang baterainya hingga penuh, diperlukan waktu 12 jam.

Kumpulan sel surya (photovoltaic cell) yang terdapat di panel cover clamshellnya tersebut dapat mengubah cahaya dari sebatang lilin menjadi sumber tenaganya juga lho. Pada S116, panel suryanya terintegrasi pada bodi fisik ponsel dan mengandung 5000 lensa micrometer yang dapat memfokuskan sinar yang ada ke setiap sensor panel surya untuk meningkatkan efisiensi pengubahan sinar menjadi listrik. Masa pakai S116pun diklaim oleh HTW 2.5x lebih lama dari usia baterai ponsel tradisional.

Disamping faktor baterai merupakan kelebihan utama pada ponsel ini, S116 juga serupa dengan ponsel-ponsel sekelasnya yang dibekali berbagai macam fitur canggih yang up-to-date. Sebut saja ada kamera digital 1.3MP, MP3 Player, layer kristal cair dengan resolusi 240 x 320 piksel dan slot untuk kartu memori Micro Secure Digital-nya. Sementara itu jaringan yang digunakan belum meluas jangkauannya sehingga hanya dibekali GSM Dualband saja.

Pemerintah Cina rupanya sangat tertarik pada ponsel ini sehingga telah memesan 50.000 unit untuk diujicobakan kepada para penduduknya yang masih tinggal di daerah terpencil yang belum dijangkau oleh listrik. Hingga akhir tahun 2007, HTW berencana akan ‘melempar’ 6 model ponsel tenaga surya ke pasaran dan masih ada 30 model lainnya yang akan terus diluncurkan hingga akhir 2009.

Sumber : Gizmodo

Kategori:Handphone
  1. fitri
    26 Januari, 2008 pukul 10:47 am

    kereeeen deh pokoknya. Kalo dilempar ke Indonesia tahan setiap hari kali ya. Panas bo. Tapi kayaknya Indonesia jangan mikirin hp dulu dh, agrarisnya dulu dipertahanin. OK, Selamat Berbangkit, Indonesia..!!

  1. 23 Juni, 2008 pukul 10:07 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: