Beranda > Inspirasi > Apa Tipe Kecerdasan Anda?

Apa Tipe Kecerdasan Anda?

kids

Sekitar dua puluh lima tahun yang lalu, Dr. Howard Gardner menemukan sebuah teori tentang kecerdasan. Ia mengatakan bahwa manusia lebih rumit daripada apa yang dijelaskan dari tes IQ atau tes apapun itu. Ia juga mengatakan bahwa orang yang berbeda memiliki kecerdasan yang berbeda.

Sebelum jaman modern, masyarakat secara umum percaya bahwa kecerdasan adalah kesatuan yang lahir dan memiliki sifat turunan. Hari ini, kebanyakan peneliti percaya akan kebalikannya; ada berbagai macam kecerdasan yang independent pada masing2 orang. Juga dipercaya bahwa masing-masing kecerdasan ini memiliki kekuatan kelemahannya sendiri.

Dr. Howard Gardner membuat delapan model kecerdasan, diantaranya kecerdasan linguistik dan verbal, kecerdasan logis, kecerdasan spasial, kecerdasan tubuh / gerakan, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Setiap kecerdasan ini terletak pada bagian tertentu dari otak. Namun seseorang dapat kuat di beberapa daerah.

Kecerdasan Lingusitik dan Verbal

Seorang yang kuat dia wilayah ini sangat baik dengan menggunakan kata-kata. Mereka seringkali baik dalam menulis, membaca, dan membicarakan sesuatu. Yang termauk dalam kelompok ini adalah penulis, penyair, pengacara dan pembicara publik.

Kecerdasan logika dan matematika

Seorang yang kuat di wilayah ini baik dalam masalah yang berhubungan dengan matematika dan logika. Mereka senang untuk memecahkan misteri, membaca penemuan ilmiah, dan memiliki rasa ingin tau bagaimana sesuatu bekerja. Mereka juga biasanya baik menggunakan komputer dan peralatan lainnya.

Kecerdasan Spasial

Seorang yang kuat di wilayah ini baik dengan gambar. Mereka dapat mengerjakan puzzle dengan cepat. Mereka menghargai seni dan fotografi, senang menggambar, memperhatikan detail, lebih memilih geometri dibandingkan aljabar, dan baik dalam menentukan arah.

Kecerdasan Tubuh dan Gerakan

Seorang yang kuat didaerah ini baik dalam olahraga dan gerakan. Mereka sering berbicara dengan tangan mereka, suka membangun sesuatu, melucu di ruang kelas, memiliki keseimbangan yang baik, dan sangat baik dalam berbagai jenis olah raga.

Kecerdasan Musikal

Seorang kuat di area ini baik dengan musik dan nada. Mereka dapat menyanyikan lagu, mengingat lagu lama, dan secara alamiah dapat memainkan alat musik.

Kecerdasan Interpersonal

Seorang yang kuat di wilayah ini sangat baik berhubungan dengan manusia. Mereka adalah pendengar yang baik, dapat membaca bahasa tubuh, benci ketidakadilan, dapat melihat seorang yang tidak jujur, terluka saat orang lain terluka, menikmati pembicaraan yang mendalam, dan seringkali membantu yang lemah. Pengajar, penasihat, penjual, pemimpin agama dan politisi biasanya sangat baik dengan kecerdasan ini.

Kecerdasan Intrapersonal

Seorang yang kuat di wilayah ini baik dalam menganalisa sesuatu. Mereka banyak berpikir dan sangat menyadari kekurangan serta kelebihannya. Mereka juga seringkali memiliki jurnal dan berpikir mendalam tentang kehidupan.

Kecerdasan Naturalis

Seorang yang memiliki kecerdasan naturalis sangat mengerti tentang lingkungan. Mereka menikmati hubungan dengan alam dan dapat membaca situasi alam. Mereka suka meng-kategorikan sesuatu, mengumpulkan sesuatu, dan mempelajari tumbuhan.

Sekolah pada umumnya lebih mengutamakan kecerdasan logika dan matematika. Hal ini dikarenakan kebanyakan sekolah lebih berpusat pada pengajaran verbal dan menempatkan pengajaran pada matematika serta hal-hal ilmiah. Untuk menemukan keseimbangan sekolah seharusnya mengajarkan seni, kesadaran diri, komunkasi dan olah raga.

Jadi… kecerdasan mana yang anda miliki?

Sumber : udaramaya

Kategori:Inspirasi
  1. linda
    21 Maret, 2010 pukul 12:18 pm

    menurut saya ini termasuk memiliki kemampuan interpesonal.jdi bgaimana memberi motivasi yang baik terhadap orang lain tanpa menyinggung orang tersebut?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: