Beranda > Sains & Fisika > Irama Manusia

Irama Manusia

jam2Jam biologis pada manusia hampir tak kentara, tetapi tak dapat disangkal bahwa terdapat sejumlah irama yang jelas menyerupai kerja sebuah jam. Nadi umumnya berdenyut 75 kali permenit. Paru-paru diisi udara dalam selang waktu yang teratur, bahkan otak berpikir dengan lebih jelas pada waktu-waktu tertentu seharinya.

Banyak irama dalam tubuh manusia yang agaknya bekerja menurut daur 24 jam yang merupakan daur utama dalam alam. Manusia memerlukan jangka waktu yang teratur unuk beristirahat, biasnaya pada malam hari. Bahkan pada waktu ia tidurpun, getaran listrik dalam otaknya mempunyai irama sendiri yang khas.

Daur yang lebih panjang juga tampak pada manusia. Daur datang bulan pada wanita barangkali merupkana peninggalan jadwal bulanan pada banyak binatang laut. Kelipatan daur bulanan dapat ditemukan pada jangka hidup rata-rata sel darah merah yang lamanya 120 hari.

Bagaimana pun juga teraturnya setiap irama tubuh, semua harus bekerjabersama-sama, jika daur ini bergeser, seperti yang terjadi pada pekerja pabrik yang berganti giliran kerja dari siang menjadi malam, akan timbul ketegangan yang kadang-kadang dapat menyebabkan orang mudah menjadi marah serta khilaf dalam mengambil keputusan.

Berikut adalah irama biologis terpenting di dalam tubuh:

1. Daur tidur-jaga yang dikendalikan otak adalah irama biologis manusia yang mempengaruhi pengetauran waktu pada banyak kegiatan tubuh lainnya.

2. Suhu tubuh yang diatur hipotalamus berubah-ubah tiap hari. Suhunya secara teratur mencapai minimun pada waktu tidur (pukul 1 dan 7 pagi).

3. Pemakaian oksigen meningkat selama jam-jam sibuk yang normal, baik sewaktu ada kegiatan maupun tidak.

4. Sekresi kelenjar adrenal berkurang selama jam tidur, tetapi bertambah sebelum bangun untuk mempersiapkan kegiatan siang harinya.

5. Ekskresi ginjal berupa bahan buangan seperti potasium dan sodium mencapai puncaknya pada tengah hari.

6. Reproduksi tergantung pada produksi berkala sel-sel telur oleh indung telur, menurut daur sekitar 28 hari. Kehamilan biasanya berlangsung selama 270 hari, sejak pembuahan sampai kelahiran.

7. Jumlah darah pun mempunyai irama: jumlah sel darah merah dan putih tiap hari mencapai minimum waktu pagi.

8. Pembelahan sel yang berlangsung di seluruh tubuh paling banyak terjadi pada akhir senja.

Kategori:Sains & Fisika
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: